Selasa, 14 Juni 2016

PERCAKAPAN KONSELING KELOMPOK

Edit Posted by with 3 comments
Description: C:\Users\lenov\Pictures\1045167_186209814877516_1791532229_n.jpg
Dosen Pengampuh                  : Yenti Arsini, M.Pd
Pemimpin Kelompok              : Eli Satriana
Anggota Kelompok                :Abdul rasyid Nasution
                                                Afni Rizkah Pulungan
                                                Anisha Julianti 
                                                Anita Pratiwi
                                                Berlian khumayriah
                                                Birro Abawayyah
                                                Dessy Novalia
                                                Dewi Andani
                                                Fahri sany
                                                Faujiah Siregar
                                                Guspiandra
Topik                                       : Bebas
Topik yang muncul                 : tidak bisa move on
                                                Malas kuliah
                                                Malas pacaran
                                                Sulit memilih baju untuk kuliah
                                                Merasa dikucilkan di dalam kelas
                                                susah mengatur uang bulanan
Topik yang dibahas                 : merasa dikucilkan di dalam kelas

Isi bahasan                              :
a.       Mengidentifikasi masalah-masalah atau hambatan-hambatan yang sering dialami siswa
b.      Mengidentifikasi sebab-sebab masalah yang timbul
c.       Memberi bantuan bagaimana caranya mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan pendekatan eksistensial
Lain-lain :
a.       Dalam tahap pembentukan siswi melakukan ice breaking untuk mencairkan suasana agar suasana menjadi lebih dekat, akrab, dan juga hangat
b.      Dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan eksistensial Teknik Derefleksi.

TAHAP I
PEMBENTUKAN

PK
:
Selamat pagi anak-anak sekalian
Anggota
:
Pagi buk ? 
PK
:
Bagaimana kabar kalian pagi hari ini ?
Ang
:
Alhamdulillah baik, buk.
PK
:
Alhamdulillah kalau seperti itu. Ibu gak ditanyak ?
Rasyid
:
Ibuk apa kabar ?
PK
:
Alhamdulillah ibu juga baik.  baiklah anak-anak pertama sekali ibu mengucapkan terma kasih atas kehadiran kalian yang telah yang telah meluangkan waktu unutk menghadiri pelaksanaan konseling kelompok kita pada hari ini. Hm … oke, sebelum kita memasuki kegiatan yang sebenarnya, ada baiknya kita awali kegiatan kita ini dengan berdoa terlebih dahulu. Siapa disini yang bisa memimpin doa ?
Birro
:
(mengangkat tangan)
PK
:
Ya kamu, silahkan
(Berdoa dimulai)
PK
:
Nah, anak-anak sekalian, kegiatan kita ini dinamakan dengan konseling kelompok. Sebelumnya ada yang tau konseling kelompok itu apa ?
Anggota
:
tidak buk
PK
:
Baiklah kaau seperti itu, ibu terlebih dahulu akan akan menjelaskan tentang apa itu konseling kelompok dan bagaimana pelaksanaan kegiatan kelompok ini.”
Konseling kelompok adalah salah satu layanan dalam bimbingan konseling yang diberikan kepada sekelompok orang (klien) dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk pengentasa masalah pribadi yang dirasakan masing-masing anggota kelompok. Dinamika kelompok sendiri merupakan kondisi atau suasana yang hidup, bergerak, berkembang, ditandai dengan asdanya interaksi dan komunikasi antar sesame anggota kelompok untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Adapun tujuan kegiatan kita ini ialah agar masing-masing kita terlatih untuk bisa mengeluakan pendapat, memberikan ide-ide, mengajukan saran atau usul, dan berusaha untuk dapat menerima dan menanggapi keadaan teman-teman atau anggota kelompok kita ini sebagai mana adanya. Mengenai cara-cara pelaksanaan kegiatan kita dalam kelompok ini adalah, masing-masing kita nantinya diminta untuk mencoba mengutarakan perasaan kita masing-masing, apakah perasaan senang, bahagia, sedih, sakit hati, atau perasaan lainnya yang menggaggu. Nah dan pada nantinya setelah siswa mengutarakan pendapatnya atau perasaan, kita pilih salah satu di antaanya unutk dibahas. Semua anggota kelompok lainnya menanggapi dan mencoba membantu pemecahan masalah yang menghambat atau menganggu anak tersebut, kalau memang ada perasaan yang mengaggu. Kemudian, yang perlu kita ingat dan perhatika disini adalah mengenai kesukarelaan kita masing-masing.   
Yang dimaksudkan disini ialah bahwa masing-masing kita suka rela membantu teman kita jadi, juga suka rela dalam mengemukakan ide-ide dan mengeluarkan perasaan-perasaan di hadapan semua anggota kelompok. Supaya kegiatan kita lebih baik, ibu mengharapkan agar dalam kegiatan ini kelompok kita saling terbuka, dan apa-apa yang kita bicarakan disini akan kita rahasiakan, tidak akan kita sampaikan kepada orang lain. Jadi, di luar anggota klompok kita ini tidak boleh ada yang mengetahui hal-hal yang kita bicarakan dalam kelompok kita ini.
Oke, ibu rasa diantara kita ini ada yang telah saling mengenal. Meskipun demikian, dalam kegiatan kelompok kita ini, kita berusaha unutk saling mengenal anggota kelompok kita secara lebih mendalam.”
Jadi, nanti kita akan mengetahui siapa betul teman kita itu. Walaupun kita sudah satu atau dua tahun berenalan dengan dia. Tetapi yang kita ketahui mungkin hanya yang luar-luarnya saja, bukan?.
Baiklah, untuk kegiatan selanjutnya, kita akan saling memperkenalkan diri. Oke, akan dimulai dari ibu sendiri, nama ibu Eli Satriana. Biasa dipanggil ely
Dewi
:
Panggil ana bisa buk ?
PK
:
Ya boleh juga, Alamat ibu dijalan perhubungan simpang suka rela timur lau dendang. Disini ibu tinggal ngekos bersama teman-teman ibu, hmm kemudian ibu anak kedua dari empat bersaudara ibu mempunyai seorang abang dan satu adik perempuan dan satu adik laki-laki. Hobi ibu adalah memasak dan juga menonton, selanjutnya makanan favorit ibu adalah mie ayam dan juga kerupuk.
Fauziah
:
Penyanyi favorite ibuk siapa ?
PK
:
Emmm ibu gak ada idola sih, semua suka asalkan lagunya enak untuk didengar.
Rayid
:
Ibu asalnya dari mana buk?
PK
:
Asal ibu dari aceh, tepatnya itu di takengon tapi ibu dibener meriahnya. Kalian tau itu?
Anggota
:
Enggak tau buk
Afni
:
Minuman favorit ibu apa buk ?
PK
:
Minuman yang ibu sukai semua minuman yang bisa diminum sih. Tapi yang paling disukai itu es kelapa muda.
Berlian
:
Hemm status ibu apa buk
PK
:
Status apa ini status dbm atau status difb. Kebetulan ibu belun buat status tadi.
Anggota
:
Tertawa
Berlian
:
Bukan maksudnya ibu udah menikah atau belum buk ?
PK
:
Owww status ibu maih single sih pada saat ini. Oke siapa yang akan memperkenalkan dirinya terlebih dahulu
Anggota
:
 (saling  menunjuk dan menyuruh)
PK
:
Begiini ya, kita sekarang suka rela saja ya, siapa yang mau terlabih dahulu yang mau memperkenalkan diri terlebih dahulu, ya silahkan.
Birro
:
Baik saya duluan buk, setuju kan ?
Anggota
:
Setuju buk
Birro
:
Nama saya Birro Abawayyah tanggal lahir 30 juni 1995, hobi saya membuat kaligarfi dan juga mengambar, asal saya dari tanjung balai, saya anak kedua dari tiga bersaudara.
PK
:
Ya, ada yang ingin bertanya dengan birro?
Anggota
:
Tidak buk
Rayid
:
Nama saya Abdul Rasid Nasution, tanggal lahir 23 desember 1994. Hobi saya main game  buk, dan saya tiga bersaudara, saya anak kedua, saya memiliki satu kakak dan seorang adik.
PK
:
Ya, selanjutnya yang mau memperkenalkan diri
Guspiandra
:
Nama saya guspiandra nasution, tanggal lahir 20 januari 1995. Hobi saya mengaji, saya anak ke tujuh dari sepuluh bersaudara. Saya memiliki tiga abang, tiga kakak dan tiga orang adik perempuan.
PK
:
Ya bagus siapa lagi
Fahri
:
Nama saya fahry sani, tanggal lahir 18 desember 1995, saya anak ke dua dari tiga bersaudara, saya memiliki seorang kakak dan seorang adik perempuan, hobby saya nonton kartun naruto.  
PK
:
Ya bagus, nah  karena anak laki-lakinya sudah memperkenalkan diri semuanya sekarang giliran yang cewek-ceweknya untuk memperkenalkan dirinya, suka rela aja ya!
Afni
:
Nama saya afni rizkah pulungan, tanggal lahir 1 juni 1995, hobby saya masak, saya anak ketiga dari tiga bersaudara. Saya anak yang paling bungsu dan saya memiliki dua orang abang.
PK
:
Ya selanjutnya !
Anisha
:
Nama saya anisha julianti tanggal lahir 25 juli 1995, hobby saya menari, saya anak pertama dari tiga bersaudara.
Anita
:
Nama saya anita pratiwi, tanggal lahir 19 september 1995, saya anak pertama dari dua bersaudara, saya memiliki adik seorang adik perempuan. Hobby saya membaca buku dan juga novel.
Berlian
:
Nama saya berlian khumayriah, tanggal lahir 26 november 1995, saya anak ketiga dari lima bersuadara, hobby saya memasak.
Dessy
:
Nama saya Dessy Novalia, tanggal lahir 30 November 1995, saya anak ke dua dari tiga bersaudara, hobby saya menulis. Nulis status di bbm, fb, twitter, tumblr, blog.
Dewi
:
Nama saya dewi andani, tanggal lahir 11 juli 1995, saya anak tunggal dari tiga bersaudara, dan hobby saya jalan-jalan jika ada waktu
Fauziah
:
Nama saya fauziah siregar, tanggal lahir 08 agustus 1996, saya anak kedua dari tiga bersaudara, hobby saya jajan jika ada duit. 
PK
:
Baiklah karena kalian sudah memperkenalkan diri kalian masing-masing, maka supaya suasana konseling kelompok kita ini terjalin lebih akrab dan hangat. Ibuk akan membuat satu permain. Nama permainannya yakni “Rangkaian nama hewan”. Dalam permainan ini kalian nantinya harus menyebutkan nama hewan yang kalian sukai, kemudian nantinya ibuk akan menunjukkan sebelah kanan atau kiri ibuk agar menyebutkan nama hewan yang ia suka dan hewan yang di sukai teman di sebelah kanan dan kirinya secara bergiliran.
Anita
:
Badak
Anisha
:
Cacing
Afni
:
Kutu
Rasyid
:
Kambing
Fahri
:
Buaya
Dessy
:
Nyamuk
Dewi
:
Ulat Bulu
Birro
:
Lipan
Fauziah
:
Laba-laba
Berlian
:
Lalat
Guspi
:
Kecoa
(memulai permainan)
PK
:
Baiklah, sekarang Suasana kita sudah semakin akrab dan lebih dekat lagi. Namun agar kelompok konseling kita ini bisa lebih hangat lagi bagaimana kalau kita melakukan satu permainan lagi ?
Anggota
:
Setuju buk
PK
:
Oke baiklah permaianan selanjutnya yaitu bos berkata, nah permaiananya ‘Bos Berkata’. Instruskinya, nanti kalian harus melakukan apa yang  sesuai denga perintah yang ibu perintahkan. Jika ibuk mengatakan ‘Bos Berkata’ kalian harus mengikuti sesuai yang ibuk perintahkan. Namun jika ibuk tidak mengatakan ‘Bos Berkata’ kalian tidak boleh mengikuti apa yang ibuk perintahkan. Kalian mengerti ?
Anggota
:
Mengerti buk
PK
:
baiklah kita mulai permainannya. 
(Memulai Permainan)


TAHAP II
PERALIHAN

PK
:
Baiklah … kita telah melalui kegiatan demi kegiatan. Sekarang kita akan memasuki kegiatan inti, yaitu masing-masing dari kalian mengungkapkan perasaan mengenai kesulitan, hambatan, dan kebahagiaan yang kalian alami baik di masa lalu maupun saat ini. nanti, setelah mencurahkan perasaan tersebut teman-teman kita dalam kelompok ini akan mencoba memberikan tanggapan, ide-ide atau usul-usul untuk menghilangkan perasaan tersebut. Silahkah siapa yang akan mencurahkan perasaannya?  Bagaimana apa kalian siap ?
Anggota
:
Siap buk


TAHAP III
KEGIATAN

PK
:
Silahkah….. atau begini kalian ini ibu beri waktu untuk merenungkan sejenak hal-hal yang akan kalian kemukakan dalam kelompok ini. (anggota diam dan berpikir)
Silahkan tampaknya telah ada diantara kita yang akan mengutarakan perasaannya. Tidak usah malu-malu atau ragu-ragunya. Oke suka rela saja ya! Dan disini tidak boleh ada yang mengejek jika temannya mengutarakan pendapatnya ya?

Rasyid
:
Jadi begini buk, saya pada saat ini sangat sulit untuk mengatur uang bulanan saya buk, selalu saja saya kekurangan uang buk! Nanti tiba di akhir bulan saya bingung sendiri buk, uang saya tiba-tiba sudah habis saja buk.
Dessy
:
Emangnya uangnya habis kemana
Rasyid
:
Itulah yang saya bingungkan uang saya bisa habis padahal penguaran saya tidak begitu banyak, semua uang yang dikirim itu juga sudah dilebihkan untuk uang tak terduga saya tapi tetap saja tidak cukup
Afni
:
Emang sebulannya dikirim berapa ?
Rasyid
:
Rp. 1.000.000, menurut saya itu sudah cukup tapi saya selalu saja merasa kekurangan uang. Jadi saya bingung cara mengatur keuangan itu supaya cukup bagaimana caranya, biar bisa hemat gitu!
PK
:
Oke, kita tadi sudah mendengar permasalahan yang dialami teman kita abdul rasid, mungkin masing-masing kita telah dapat merasakan apa yang telah di sampaikan oleh abdul rasid. Hm bagaimana dengan yang lain?
Anita
:
Iya buk, jadi buk saya pada saat ini tidak bisa move on buk, dari mantan pacar saya. Sangat sulit saya unutk melupakannya buk, saya pada saat ini masih sering teringat sama dia, bahkan saya masih sering menghubungi dia, agar saya bisa megetahui kabarnya, padahal saya ingin melupakannya tapi sangat sulit untuk itu semua.
Berlian
:
Kalian pacaran berapa lama ?
Anita
:
Kami pacaran udah dua tahun, maka dari itu saya sangat sulit untuk bisa melupakannya.
Birro
:
Emm lama ya? Penyebab kalian putus apa?
Anita
:
Kami putus karena satu sama lain sudah merasa tidak cocok lagi, dan kami sangat sering berkelahi yang disebabkan oleh masalah yang sepele dan itu dapat menyebabkan kami menjadi berkelahi yang hebat. Tapi apada saat ini saya ingin sekali bisa melupakannya. Agar saya bisa mencari orang yang benar-benar cocok dengan saya.
PK
:
Ya ada yang ingin mengutarakan masalahnya lagi, silahkan
Dewi
:
Kalau saya sih, saya sangat sulit sekali memilih baju untuk kuliah, bisa aja nanti semua baju saya keluarkan dari lemari baru saya memilih baju mana yang harus saya pakai untuk hari ini.
Guspi
:
Mengapa bisa sangat sulit memilih baju untuk  kuliah?
Dewi
:
Ya karena saya sering merasa tidak pd jika memakai baju yang asal-asalan dan tidak sesuai dengan modelnya atau mod saya. Jadi saya bingung bagai mana sih cara memilih pakaian untuk kuliah itu agar tidak rumit seperti yang saya rasakan.
PK
:
Ya dewi sudah mengutarakan permasalahanya, selanjutnya silahkan?
Anisha
:
Saya buk, sekarang ini sangat malas untuk kuliah, semangat untuk kuliah itu tidak ada. Karena hanya tidak suka dengan jurusan sekarang yang saya jalanin, saya merasa kuliah ini percuma saja dan tidsk ada gunanya. Tapi saya harus tetap kuliah, saya bingung bagaimana cara agar rasa malas kuliah saya ni bisa menghilang dan motivasi saya untuk kuliah itu ada gitu!
PK
:
Ya, ada lagi
Fauziah
:
Fauziah: Saya buk malas pacaran, karena semua teman saya kalau cerita tentang pacarnya pasti mereka disakiti sama cowok, jadi saya sekarang beranggapan bahwasannya pacaran itu membuat sakit hati saja dan tidak ada gunanya. Semua ujung-ujungnya pasti kecewa dan sakit hati.
PK
:
Ya ada lagi, terbuka aja ya kita disini.
Fahry
:
Saya merasa dikucilkan buk didalam kelas, saya merasa teman-teman saya menjauhi saya buk, jadi saya merasa minder didalam kelas buk
PK
:
Pk: Ada lagi yang ingin mengemukakan masalahnya ?
Anggota
:
(Diam dan saling memadang)
PK
:
Baiklah.. menurut kalian permasalahan yang mana yang akan kita bahas bersama
Dessy
:
Permasalah fahri aja buk.
PK
:
Menurut dessy mengapa permasalahan fahri harus kita bahas terlebih dahulu ?
Dessy
:
Iya buk, karena kan kalau dia sudah merasa di kucilkan di dalam kelas seperti itu, buat dia gak nyaman di dalam kelas. Terus bagaimana dengan nilai pelajarannya, buk ?
PK
:
Oke bagaimana pendapat yang lainnya ?
Guspi
:
Saya setuju dengan pendapat dessy, karena permasalahan fahri yang sepertinya perlu dibahas.
PK
:
Bagaimana semuanya apa kalian setuju kita membahas permasalahan yang sedang dialami oleh fahri ?
Anggota
:
Setuju buk.
PK
:
Baik, iya fahry bisa diceritakan lebih lanjut permasalahannya.
Fahry
:
Iya bu…tapi saat saya berada dikelas itu rasanya saya kurang nyaman seakan itu teman – teman menjauhi saya bu. Seperti itukan bu yang dikatakan dikucilkan ?  bahkan saya sering sekali bolos dari sekolah. Saya merasa tidak nyaman berada didalam kelas itu buk  ? 
Anita
:
Mengapa kamu mesti bolos sekolah, jika itu karena kamu merasa terkucilkan? Mengapa kamu tidak tunjukkan kepada teman–temanmu bahwa kamu itu bisa seperti mereka?
Anisha
:
Ya fahry ?
Fahri
:
saya pikir tidak ada yang mau mengerti saya. Kalian sibuk dengan diri kalian sendiri dan saya tidak mau membebani kalian dengan masalah saya. saya memang bolos, saya tidak punya semangat untuk belejar karena saya merasa tidak diterima oleh teman – teman saya sekelas.
PK
:
Baiklah, jadi yang menyebabkan fahri sering bolos itu karena tidak ada semangat untuk belajar karena merasa terkucilkan di kelas, seperti itu? Benar begitu? Bukankah fahri juga mempunyai prestasi yang bagus jika dikembangkan, kalau fahri sering membolos seperti ini prestasi fahri jadi menurun.
Fauziah
:
fahri maaf sebelumnya, saya setuju apa yang diungkapkan oleh Bu eli barusan, kamu ini mempunyai kemampuan dan bakat yang bagus tapi karena kamu sering bolos seperti ini kamu jadi tidak mengembangkan kemampuan yang ada di dirimu”
Dessy
:
iya fahri, nanti  karena kaunya yang sering bolos, tidak mengerjakan tugas, dan sering tidur dikelas.”
Fahri
:
Iya saya mengerti bahwa selama ini saya melakukan hal yang salah sampai – sampai saya harus membolos seperti itu, namun yang saya sesalkan kenapa teman – teman berbuat seperti itu kepada saya”
PK
:
Iya, Ibu mengerti penyesalan yang fahry rasakan. Apakah fahry ada rencana untuk menyelesaikan masalah ini seperti apa?
Fahri
:
Em... saya juga bingung apa yang harus saya lakukan, Bu.”
PK
:
apakah fahry sudah pernah mengungkapkan perasaan fahry kepada teman-teman yang lain bahwa fahry itu merasa dikucilkan di kelas?
Fahri
:
belum bu….”(sambil menggeleng)”
PK
:
jadi menurut kalian bagaimana caranya agar fahry tidak dikucilkan didalam kelas lagi ?
Dessy
:
Menurut saya buk, fahry sering-seribg aja ikut bimbingan kelompok agar ia tidak merasa dikucilkan dan dapat berbaur dengan teman-teman yang lain.
PK
:
Ya bagus, yang lain ada lagi
Nisa
:
Maunya buk, fahry terbuka sama-sama teman-temannya agar teman-teman  yang lainnya juga memahaninya buk!
PK
:
Ya bagus ada lagi yang ingin mengemukakan sarannya untuk fahry
Birro
:
Menurut saya, fahry didekati oleh teman-teman sekelas seperti kalau pergi jajan kekantin fahry diajak, kemudian kalau jam sholat diajak untuk sholat bersama.
Fauziah
:
Dan juga disini fahrytida boleh takut dan merasa minder jika berada diantara teman-teman satu kelas buk!
Guspi
:
Mungkin fahry bisa mencari teman-teman yang cocok dengan fahry, yang dapat fahry percayai untuk bercerita.
Berlian
:
Fahry tidak boleh berpikiran negative terlebih dahulu terhadap teman-teman satu kelas fahry.
Afni
:
Fahry kan berprestasi dibidang olehraga, seharusnya fahry dapat membuktikan kepada teman-teman fahry bahwa fahry memang berprestasi agar fahry dapat diakui oleh teman satu kelas fahry.
Rasyid
:
Dan disini fahry harus bisa mengubah sikap yang tadinya sering bolos, tidak mengerjakan tugas menjadi lebih baik lagi agar teman-teman percaya sama fahry
PK
:
Ya bagus sekali pendapat yang disampaikan oleh anak-anak ibu, jadi disini fahry harus bisa menyesuaikan diri dengan teman-teman fahry dan tidak boleh suozon dengan teman-temannya, bisa fahry?
Fahri
:
Bisa buk! Insaallah
PK
:
Lalu bagaimana nilai-nilai fahry didalam kelas selama fahry merasa dikucilkan?
Fahri
:
Ya begitulah buk, nilai saya menjadi turun karena saya tidak kosentrasi belajar buk,
PK
:
dengan saran-saran yang disampaikan oleh teman-teman tadi fahri bisa mencoba saran dari mereka agar fahri tidak lagi merasa dikucilkan dan nilai fahri di  kelas pun tidak terganggu. Bagaimana fahri ?
Fahri
:
Iya buk. Sya akan belajar dan mencoba saran dari teman-teman semua.
PK
:
Iya, bagus sekali. Seperti nya kalian  juga sudah merasa bosan. Bagaimana kalau kita mengadakan permainan, setuju ?
Anggota
:
Setuju buk
PK
:
Oke, baiklah. Nama permainannya adalah “siapakah aku”. Perminannya seperti ini, salah satu dari kalian akan memberikan klu kepada yang lain sehingga teman-teman yang lain menjawab klu yang diberikan. Bagaiaman kalian paham ?
Anggota
:
Paham buk.
(Memulai Permainan)


TAHAP IV
PENGAKHIRAN


PK
:
Nah, sepertinya suasana nya sudah kembali bersemangat untuk melanjutkan kegiatan kita. Anak-anak.,Kita telah panjang lebar membicarakan masalah yang dikemukakan oleh fahri. Mudah-mudahan pembicaraan itu berguna bagi fahri dan bagi kita semua yang mengikuti konseling kelompok ini. Bagaimana fahri ?
Fahri
:
saya sangat senang karena teman-teman sudah menyumbangkan pikiran untuk mengatasi permasalahan saya. Mudah-mudahan usul dari teman-teman dapat saya lakukan dan saya pelajari.
PK
:
oke, anak-anak. Nah disini ibu ingin mendengarkan kesan dan pesan dari anak-anak sekalian. Siapa yang ingin duluan mngemukakannya?  
Fahri
:
Kesan saya buk saya senang karena permasalahan saya dapat terselesaikan buk, pesan saya buk agar temanpteman sehabis mengikuti kegiatan ini agar tidak mengucilkan saya lagi dan saya juga dapat mengubah tingkah laku dan sifat saya menjadi lebih baik agi.
PK
:
Ya fahry, bagus sekali apa yang disampaikan fahry tadi
Fauziah
:
Kesan saya mengikuti bimbingan konseling hari ini adalah saya merasa senang, karena saya dapat memahami kawan sekelas saya, dan kita tidak boleh berprasabgka buruk terhadap teman-teman kita. Pesan saya buk, agar konseling kelompok ini bisa dilakukan lagi buk.
Guspi
:
Kesan saya buk, sangat menyenangkan bisa mengetahui permasalahan teman-teman saya buk, dan dapat membantunya dalam menghadapi permasalahannya. Pesan saya buk ya seperti teman-teman juga sih buk, agar konseling kelompok ini bisa dilakukan lagi buk.
Dewi
:
Kesan saya buk, saya sekarang menjadi tahu bahwa fahry selama ini nmrasa dikucilkan buk didalam kelas dan kami juga lebih dapat memahami keadaan fahry pada saat ini buk. Pesan saya buk, sama saja sih buk seperti yang lain agar konseling kelompok ini lebih sering dilakukan.
Dessy
:
Kesan saya buk, dalam kegiatan konseling kelompok ini buk. Saya senang buk, ada permainannya, bisa memanfaatkan waktu untuk hal yang lebih bermanfaat buk, tidak mengosip dan mendapat hal-hal yang bermanfaat. Pesannya buk kalaui bisa buat konseling kelompok lagi buk, agar permasalahan kami yang belun dibahas bisa dibahas secara bersama.
PK
:
Ya bagus sekali selanjutnya siapa lagi yang mau
Birro
:
Kesan saya buk sama saja seperti teman-teman yang lain buk sangat senang bisa melakukan diskusi seperti ini yang lebih banyak manfaatnya bagi kita semua buk, pesan saya buk kepada fahry agar fahry pada saat ini lebih dapat berbaur dan berpositif tingking terhadap kami, dan sering-sering lagi melakukan konseling kelompok ini buk.
Berli
:
Kesan saya buk, mengikuti konseling kelompok ini buk saya merasa senang dan menjadi lebih tau bahwa setisp permasalahan itu pasti ada jalan keluaarnya dan cara mengatsinya. Dan pesan saya buk agar lebih sering dilakukan lagi kegiatan ini buk
Anita
:
Kesan saya buk sama sih buk seperti yang lain. Cuman pesan aja yang saya tambahkan sedikit buk agar teman-teman seharusnya tidak boleh memilih-milih dalam berteman sehingga tidak ada teman yang merasa terkucilkan.
Anisha
:
Kesan saya buk sangat senang bisa memabantu menyelesaikan masalah teman-teman buk, dan pesan saya buk agar konseling kelompok ini lebih sering dilakukan didalam kegiatan sekolah buk
Afni
:
Kesan saya buk, sangat senang bisa berbagi dan saya lebih tau lagi tantang cara memahami teman saya buk, dan pesan saya ya sama saja seperti yang lain buk, agar kegitan ini sering-sering lagi dilakukan buk
Rasyid
:
Kesan saya buk sanagt senang bisa diskusi sambil bermain dan merasa tidak jenuh. Dan juga mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh teman-teman saya buk dan dapat membantunya dalam menyelesaikannya. Dan pesan saya buk agar konseling kelompok ini lebih sering lagi dilakukan agar semua permasalahan dapat diselesaiakan secar bersama.
PK
:
Ya bagus sekali kesan dan pesan yang disampaikan oleh anak-anak ibu sekalian. Ibu harap keakrapan yang terjalin dikelompok ini, tidak hanya terjadi disini saja tetapi setelah kelompok ini berakhir keakrapannya masih terus terjaga.  Kesan dari ibu semoga apa yang telah kita bicarakan ini dapat diterapkan dengan anak-anak ibu dan dapat  bermanfaat atas apa yang telah kita diskusikan tadi. Karena tadi diawali dengan doa, maka kita akhiri dengan doa juga yang dipimpin oleh Rasid, kepada Rasid ibu persilahkan.
“Doa dimulai”
PK
:
Dan kita akhiri diskusi kita ini dengan saling bersalam-salaman sambil beryanyi sayur nara, dan apa bila ada kata-kata ibu yang salah dalam proses konseling ini ibu minta maaf ibu akhiri wabillahitaufik walhidayah


3 komentar: