Dosen
Pengampuh : Yenti Arsini,
M.Pd
Pemimpin Kelompok : Eli Satriana
Anggota
Kelompok :Abdul rasyid
Nasution
Afni
Rizkah Pulungan
Anisha
Julianti
Anita
Pratiwi
Berlian
khumayriah
Birro
Abawayyah
Dessy
Novalia
Dewi
Andani
Fahri
sany
Faujiah
Siregar
Guspiandra
Topik
:
Bebas
Topik
yang muncul : tidak bisa
move on
Malas
kuliah
Malas
pacaran
Sulit
memilih baju untuk kuliah
Merasa dikucilkan di dalam kelas
susah
mengatur uang bulanan
Topik
yang dibahas : merasa
dikucilkan di dalam kelas
Isi bahasan :
a. Mengidentifikasi
masalah-masalah
atau hambatan-hambatan yang sering dialami siswa
b. Mengidentifikasi sebab-sebab masalah yang timbul
c. Memberi bantuan bagaimana caranya mengatasi masalah
tersebut dengan menggunakan pendekatan eksistensial
Lain-lain
:
a. Dalam tahap pembentukan siswi
melakukan ice breaking untuk mencairkan suasana agar suasana menjadi lebih
dekat, akrab, dan juga hangat
b. Dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan
eksistensial Teknik Derefleksi.
TAHAP
I
PEMBENTUKAN
PK
|
:
|
Selamat pagi anak-anak sekalian
|
Anggota
|
:
|
Pagi buk ?
|
PK
|
:
|
Bagaimana kabar kalian pagi hari ini ?
|
Ang
|
:
|
Alhamdulillah baik, buk.
|
PK
|
:
|
Alhamdulillah kalau seperti itu. Ibu
gak ditanyak ?
|
Rasyid
|
:
|
Ibuk apa kabar ?
|
PK
|
:
|
Alhamdulillah ibu juga baik. baiklah anak-anak pertama sekali ibu
mengucapkan terma kasih atas kehadiran kalian yang telah yang telah
meluangkan waktu unutk menghadiri pelaksanaan konseling kelompok kita pada
hari ini. Hm … oke, sebelum kita memasuki kegiatan yang sebenarnya, ada
baiknya kita awali kegiatan kita ini dengan berdoa terlebih dahulu. Siapa
disini yang bisa memimpin doa ?
|
Birro
|
:
|
(mengangkat tangan)
|
PK
|
:
|
Ya kamu, silahkan
|
(Berdoa dimulai)
|
||
PK
|
:
|
Nah, anak-anak sekalian, kegiatan kita
ini dinamakan dengan konseling kelompok. Sebelumnya ada yang tau konseling
kelompok itu apa ?
|
Anggota
|
:
|
tidak buk
|
PK
|
:
|
Baiklah kaau seperti itu, ibu terlebih
dahulu akan akan menjelaskan tentang apa itu konseling kelompok dan bagaimana
pelaksanaan kegiatan kelompok ini.”
Konseling kelompok adalah salah satu
layanan dalam bimbingan konseling yang diberikan kepada sekelompok orang
(klien) dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk pengentasa masalah
pribadi yang dirasakan masing-masing anggota kelompok. Dinamika kelompok
sendiri merupakan kondisi atau suasana yang hidup, bergerak, berkembang,
ditandai dengan asdanya interaksi dan komunikasi antar sesame anggota
kelompok untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Adapun tujuan kegiatan kita
ini ialah agar masing-masing kita terlatih untuk bisa mengeluakan pendapat,
memberikan ide-ide, mengajukan saran atau usul, dan berusaha untuk dapat
menerima dan menanggapi keadaan teman-teman atau anggota kelompok kita ini
sebagai mana adanya. Mengenai cara-cara pelaksanaan kegiatan kita dalam
kelompok ini adalah, masing-masing kita nantinya diminta untuk mencoba
mengutarakan perasaan kita masing-masing, apakah perasaan senang, bahagia,
sedih, sakit hati, atau perasaan lainnya yang menggaggu. Nah dan pada
nantinya setelah siswa mengutarakan pendapatnya atau perasaan, kita pilih
salah satu di antaanya unutk dibahas. Semua anggota kelompok lainnya
menanggapi dan mencoba membantu pemecahan masalah yang menghambat atau
menganggu anak tersebut, kalau memang ada perasaan yang mengaggu. Kemudian,
yang perlu kita ingat dan perhatika disini adalah mengenai kesukarelaan kita
masing-masing.
Yang dimaksudkan disini ialah bahwa
masing-masing kita suka rela membantu teman kita jadi, juga suka rela dalam
mengemukakan ide-ide dan mengeluarkan perasaan-perasaan di hadapan semua
anggota kelompok. Supaya kegiatan kita lebih baik, ibu mengharapkan agar
dalam kegiatan ini kelompok kita saling terbuka, dan apa-apa yang kita
bicarakan disini akan kita rahasiakan, tidak akan kita sampaikan kepada orang
lain. Jadi, di luar anggota klompok kita ini tidak boleh ada yang mengetahui
hal-hal yang kita bicarakan dalam kelompok kita ini.
Oke, ibu rasa diantara kita ini ada
yang telah saling mengenal. Meskipun demikian, dalam kegiatan kelompok kita
ini, kita berusaha unutk saling mengenal anggota kelompok kita secara lebih
mendalam.”
Jadi, nanti kita akan mengetahui siapa
betul teman kita itu. Walaupun kita sudah satu atau dua tahun berenalan
dengan dia. Tetapi yang kita ketahui mungkin hanya yang luar-luarnya saja,
bukan?.
Baiklah, untuk kegiatan selanjutnya,
kita akan saling memperkenalkan diri. Oke, akan dimulai dari ibu sendiri,
nama ibu Eli Satriana. Biasa dipanggil ely
|
Dewi
|
:
|
Panggil ana bisa buk ?
|
PK
|
:
|
Ya boleh juga, Alamat ibu dijalan
perhubungan simpang suka rela timur lau dendang. Disini ibu tinggal ngekos
bersama teman-teman ibu, hmm kemudian ibu anak kedua dari empat bersaudara
ibu mempunyai seorang abang dan satu adik perempuan dan satu adik laki-laki.
Hobi ibu adalah memasak dan juga menonton, selanjutnya makanan favorit ibu
adalah mie ayam dan juga kerupuk.
|
Fauziah
|
:
|
Penyanyi favorite ibuk siapa ?
|
PK
|
:
|
Emmm ibu gak ada idola sih, semua suka
asalkan lagunya enak untuk didengar.
|
Rayid
|
:
|
Ibu asalnya dari mana buk?
|
PK
|
:
|
Asal ibu dari aceh, tepatnya itu di
takengon tapi ibu dibener meriahnya. Kalian tau itu?
|
Anggota
|
:
|
Enggak tau buk
|
Afni
|
:
|
Minuman favorit ibu apa buk ?
|
PK
|
:
|
Minuman yang ibu sukai semua minuman
yang bisa diminum sih. Tapi yang paling disukai itu es kelapa muda.
|
Berlian
|
:
|
Hemm status ibu apa buk
|
PK
|
:
|
Status apa ini status dbm atau status
difb. Kebetulan ibu belun buat status tadi.
|
Anggota
|
:
|
Tertawa
|
Berlian
|
:
|
Bukan maksudnya ibu udah menikah atau
belum buk ?
|
PK
|
:
|
Owww status ibu maih single sih pada
saat ini. Oke siapa yang akan memperkenalkan dirinya terlebih dahulu
|
Anggota
|
:
|
(saling
menunjuk dan menyuruh)
|
PK
|
:
|
Begiini ya, kita sekarang suka rela
saja ya, siapa yang mau terlabih dahulu yang mau memperkenalkan diri terlebih
dahulu, ya silahkan.
|
Birro
|
:
|
Baik saya duluan buk, setuju kan ?
|
Anggota
|
:
|
Setuju buk
|
Birro
|
:
|
Nama saya Birro Abawayyah tanggal
lahir 30 juni 1995, hobi saya membuat kaligarfi dan juga mengambar, asal saya
dari tanjung balai, saya anak kedua dari tiga bersaudara.
|
PK
|
:
|
Ya, ada yang ingin bertanya dengan
birro?
|
Anggota
|
:
|
Tidak buk
|
Rayid
|
:
|
Nama saya Abdul Rasid Nasution,
tanggal lahir 23 desember 1994. Hobi saya main game buk, dan saya tiga bersaudara, saya anak
kedua, saya memiliki satu kakak dan seorang adik.
|
PK
|
:
|
Ya, selanjutnya yang mau
memperkenalkan diri
|
Guspiandra
|
:
|
Nama saya guspiandra nasution, tanggal
lahir 20 januari 1995. Hobi saya mengaji, saya anak ke tujuh dari sepuluh
bersaudara. Saya memiliki tiga abang, tiga kakak dan tiga orang adik
perempuan.
|
PK
|
:
|
Ya bagus siapa lagi
|
Fahri
|
:
|
Nama saya fahry sani, tanggal lahir 18
desember 1995, saya anak ke dua dari tiga bersaudara, saya memiliki seorang
kakak dan seorang adik perempuan, hobby saya nonton kartun naruto.
|
PK
|
:
|
Ya bagus, nah karena anak laki-lakinya sudah
memperkenalkan diri semuanya sekarang giliran yang cewek-ceweknya untuk
memperkenalkan dirinya, suka rela aja ya!
|
Afni
|
:
|
Nama saya afni rizkah pulungan,
tanggal lahir 1 juni 1995, hobby saya masak, saya anak ketiga dari tiga
bersaudara. Saya anak yang paling bungsu dan saya memiliki dua orang abang.
|
PK
|
:
|
Ya selanjutnya !
|
Anisha
|
:
|
Nama saya anisha julianti tanggal
lahir 25 juli 1995, hobby saya menari, saya anak pertama dari tiga
bersaudara.
|
Anita
|
:
|
Nama saya anita pratiwi, tanggal lahir
19 september 1995, saya anak pertama dari dua bersaudara, saya memiliki adik
seorang adik perempuan. Hobby saya membaca buku dan juga novel.
|
Berlian
|
:
|
Nama saya berlian khumayriah, tanggal
lahir 26 november 1995, saya anak ketiga dari lima bersuadara, hobby saya
memasak.
|
Dessy
|
:
|
Nama saya Dessy Novalia, tanggal lahir
30 November 1995, saya anak ke dua dari tiga bersaudara, hobby saya menulis.
Nulis status di bbm, fb, twitter, tumblr, blog.
|
Dewi
|
:
|
Nama saya dewi andani, tanggal lahir
11 juli 1995, saya anak tunggal dari tiga bersaudara, dan hobby saya
jalan-jalan jika ada waktu
|
Fauziah
|
:
|
Nama saya fauziah siregar, tanggal
lahir 08 agustus 1996, saya anak kedua dari tiga bersaudara, hobby saya jajan
jika ada duit.
|
PK
|
:
|
Baiklah karena kalian sudah
memperkenalkan diri kalian masing-masing, maka supaya suasana konseling
kelompok kita ini terjalin lebih akrab dan hangat. Ibuk akan membuat satu
permain. Nama permainannya yakni “Rangkaian nama hewan”. Dalam permainan ini
kalian nantinya harus menyebutkan nama hewan yang kalian sukai, kemudian
nantinya ibuk akan menunjukkan sebelah kanan atau kiri ibuk agar menyebutkan
nama hewan yang ia suka dan hewan yang di sukai teman di sebelah kanan dan
kirinya secara bergiliran.
|
Anita
|
:
|
Badak
|
Anisha
|
:
|
Cacing
|
Afni
|
:
|
Kutu
|
Rasyid
|
:
|
Kambing
|
Fahri
|
:
|
Buaya
|
Dessy
|
:
|
Nyamuk
|
Dewi
|
:
|
Ulat Bulu
|
Birro
|
:
|
Lipan
|
Fauziah
|
:
|
Laba-laba
|
Berlian
|
:
|
Lalat
|
Guspi
|
:
|
Kecoa
|
(memulai permainan)
|
||
PK
|
:
|
Baiklah, sekarang Suasana kita sudah
semakin akrab dan lebih dekat lagi. Namun agar kelompok konseling kita ini
bisa lebih hangat lagi bagaimana kalau kita melakukan satu permainan lagi ?
|
Anggota
|
:
|
Setuju buk
|
PK
|
:
|
Oke baiklah permaianan selanjutnya
yaitu bos berkata, nah permaiananya ‘Bos Berkata’. Instruskinya, nanti kalian
harus melakukan apa yang sesuai denga
perintah yang ibu perintahkan. Jika ibuk mengatakan ‘Bos Berkata’ kalian
harus mengikuti sesuai yang ibuk perintahkan. Namun jika ibuk tidak
mengatakan ‘Bos Berkata’ kalian tidak boleh mengikuti apa yang ibuk
perintahkan. Kalian mengerti ?
|
Anggota
|
:
|
Mengerti buk
|
PK
|
:
|
baiklah kita mulai permainannya.
|
(Memulai Permainan)
|
TAHAP
II
PERALIHAN
PK
|
:
|
Baiklah … kita telah melalui kegiatan
demi kegiatan. Sekarang kita akan memasuki kegiatan inti, yaitu masing-masing
dari kalian mengungkapkan perasaan mengenai kesulitan, hambatan, dan
kebahagiaan yang kalian alami baik di masa lalu maupun saat ini. nanti,
setelah mencurahkan perasaan tersebut teman-teman kita dalam kelompok ini
akan mencoba memberikan tanggapan, ide-ide atau usul-usul untuk menghilangkan
perasaan tersebut. Silahkah siapa yang akan mencurahkan perasaannya? Bagaimana apa kalian siap ?
|
Anggota
|
:
|
Siap buk
|
TAHAP
III
KEGIATAN
PK
|
:
|
Silahkah….. atau begini kalian ini ibu
beri waktu untuk merenungkan sejenak hal-hal yang akan kalian kemukakan dalam
kelompok ini. (anggota diam dan berpikir)
Silahkan tampaknya telah ada diantara
kita yang akan mengutarakan perasaannya. Tidak usah malu-malu atau
ragu-ragunya. Oke suka rela saja ya! Dan disini tidak boleh ada yang mengejek
jika temannya mengutarakan pendapatnya ya?
|
Rasyid
|
:
|
Jadi begini buk, saya pada saat ini
sangat sulit untuk mengatur uang bulanan saya buk, selalu saja saya
kekurangan uang buk! Nanti tiba di akhir bulan saya bingung sendiri buk, uang
saya tiba-tiba sudah habis saja buk.
|
Dessy
|
:
|
Emangnya uangnya habis kemana
|
Rasyid
|
:
|
Itulah yang saya bingungkan uang saya
bisa habis padahal penguaran saya tidak begitu banyak, semua uang yang
dikirim itu juga sudah dilebihkan untuk uang tak terduga saya tapi tetap saja
tidak cukup
|
Afni
|
:
|
Emang sebulannya dikirim berapa ?
|
Rasyid
|
:
|
Rp. 1.000.000, menurut saya itu sudah
cukup tapi saya selalu saja merasa kekurangan uang. Jadi saya bingung cara
mengatur keuangan itu supaya cukup bagaimana caranya, biar bisa hemat gitu!
|
PK
|
:
|
Oke, kita tadi sudah mendengar
permasalahan yang dialami teman kita abdul rasid, mungkin masing-masing kita
telah dapat merasakan apa yang telah di sampaikan oleh abdul rasid. Hm
bagaimana dengan yang lain?
|
Anita
|
:
|
Iya buk, jadi buk saya pada saat ini
tidak bisa move on buk, dari mantan pacar saya. Sangat sulit saya unutk
melupakannya buk, saya pada saat ini masih sering teringat sama dia, bahkan
saya masih sering menghubungi dia, agar saya bisa megetahui kabarnya, padahal
saya ingin melupakannya tapi sangat sulit untuk itu semua.
|
Berlian
|
:
|
Kalian pacaran berapa lama ?
|
Anita
|
:
|
Kami pacaran udah dua tahun, maka dari
itu saya sangat sulit untuk bisa melupakannya.
|
Birro
|
:
|
Emm lama ya? Penyebab kalian putus
apa?
|
Anita
|
:
|
Kami putus karena satu sama lain sudah
merasa tidak cocok lagi, dan kami sangat sering berkelahi yang disebabkan
oleh masalah yang sepele dan itu dapat menyebabkan kami menjadi berkelahi
yang hebat. Tapi apada saat ini saya ingin sekali bisa melupakannya. Agar
saya bisa mencari orang yang benar-benar cocok dengan saya.
|
PK
|
:
|
Ya ada yang ingin mengutarakan
masalahnya lagi, silahkan
|
Dewi
|
:
|
Kalau saya sih, saya sangat sulit
sekali memilih baju untuk kuliah, bisa aja nanti semua baju saya keluarkan
dari lemari baru saya memilih baju mana yang harus saya pakai untuk hari ini.
|
Guspi
|
:
|
Mengapa bisa sangat sulit memilih baju
untuk kuliah?
|
Dewi
|
:
|
Ya karena saya sering merasa tidak pd
jika memakai baju yang asal-asalan dan tidak sesuai dengan modelnya atau mod
saya. Jadi saya bingung bagai mana sih cara memilih pakaian untuk kuliah itu
agar tidak rumit seperti yang saya rasakan.
|
PK
|
:
|
Ya dewi sudah mengutarakan
permasalahanya, selanjutnya silahkan?
|
Anisha
|
:
|
Saya buk, sekarang ini sangat malas
untuk kuliah, semangat untuk kuliah itu tidak ada. Karena hanya tidak suka
dengan jurusan sekarang yang saya jalanin, saya merasa kuliah ini percuma saja
dan tidsk ada gunanya. Tapi saya harus tetap kuliah, saya bingung bagaimana
cara agar rasa malas kuliah saya ni bisa menghilang dan motivasi saya untuk
kuliah itu ada gitu!
|
PK
|
:
|
Ya, ada lagi
|
Fauziah
|
:
|
Fauziah: Saya buk malas pacaran,
karena semua teman saya kalau cerita tentang pacarnya pasti mereka disakiti
sama cowok, jadi saya sekarang beranggapan bahwasannya pacaran itu membuat
sakit hati saja dan tidak ada gunanya. Semua ujung-ujungnya pasti kecewa dan
sakit hati.
|
PK
|
:
|
Ya ada lagi, terbuka aja ya kita
disini.
|
Fahry
|
:
|
Saya merasa dikucilkan buk didalam
kelas, saya merasa teman-teman saya menjauhi saya buk, jadi saya merasa
minder didalam kelas buk
|
PK
|
:
|
Pk: Ada lagi yang ingin mengemukakan
masalahnya ?
|
Anggota
|
:
|
(Diam dan saling memadang)
|
PK
|
:
|
Baiklah.. menurut kalian permasalahan
yang mana yang akan kita bahas bersama
|
Dessy
|
:
|
Permasalah fahri aja buk.
|
PK
|
:
|
Menurut dessy mengapa permasalahan
fahri harus kita bahas terlebih dahulu ?
|
Dessy
|
:
|
Iya buk, karena kan kalau dia sudah
merasa di kucilkan di dalam kelas seperti itu, buat dia gak nyaman di dalam
kelas. Terus bagaimana dengan nilai pelajarannya, buk ?
|
PK
|
:
|
Oke bagaimana pendapat yang lainnya ?
|
Guspi
|
:
|
Saya setuju dengan pendapat dessy, karena
permasalahan fahri yang sepertinya perlu dibahas.
|
PK
|
:
|
Bagaimana semuanya apa kalian setuju
kita membahas permasalahan yang sedang dialami oleh fahri ?
|
Anggota
|
:
|
Setuju buk.
|
PK
|
:
|
Baik, iya fahry bisa diceritakan lebih
lanjut permasalahannya.
|
Fahry
|
:
|
Iya bu…tapi saat saya berada dikelas itu rasanya saya kurang
nyaman seakan itu teman – teman menjauhi saya bu. Seperti itukan bu yang
dikatakan dikucilkan ? bahkan saya
sering sekali bolos dari sekolah. Saya merasa tidak nyaman berada didalam
kelas itu buk ?
|
Anita
|
:
|
Mengapa kamu mesti bolos sekolah, jika itu
karena kamu merasa terkucilkan? Mengapa kamu tidak
tunjukkan kepada teman–temanmu bahwa kamu itu bisa seperti mereka?
|
Anisha
|
:
|
Ya fahry ?
|
Fahri
|
:
|
saya pikir tidak ada yang mau mengerti
saya. Kalian sibuk dengan diri kalian sendiri dan saya tidak mau membebani
kalian dengan masalah saya. saya memang bolos, saya tidak punya
semangat untuk belejar karena saya merasa tidak diterima oleh teman –
teman saya sekelas.
|
PK
|
:
|
Baiklah, jadi yang menyebabkan fahri sering
bolos itu karena tidak ada semangat untuk belajar karena merasa terkucilkan di kelas,
seperti itu? Benar begitu? Bukankah fahri juga
mempunyai prestasi yang bagus jika dikembangkan, kalau fahri sering membolos
seperti ini prestasi fahri jadi menurun.”
|
Fauziah
|
:
|
fahri maaf sebelumnya, saya setuju apa yang diungkapkan oleh Bu
eli barusan, kamu ini mempunyai kemampuan dan bakat yang bagus tapi karena
kamu sering bolos seperti ini kamu jadi tidak mengembangkan kemampuan yang
ada di dirimu”
|
Dessy
|
:
|
iya fahri, nanti karena
kaunya yang sering bolos, tidak mengerjakan tugas, dan sering tidur dikelas.”
|
Fahri
|
:
|
Iya saya mengerti bahwa selama ini saya melakukan hal yang salah
sampai – sampai saya harus membolos seperti itu, namun yang saya sesalkan
kenapa teman – teman berbuat seperti itu kepada saya”
|
PK
|
:
|
Iya, Ibu
mengerti penyesalan yang fahry rasakan. Apakah fahry ada rencana
untuk menyelesaikan masalah ini seperti apa?”
|
Fahri
|
:
|
Em... saya juga bingung apa yang harus saya
lakukan, Bu.”
|
PK
|
:
|
apakah fahry sudah pernah mengungkapkan perasaan fahry kepada
teman-teman yang lain bahwa fahry itu merasa dikucilkan di kelas?”
|
Fahri
|
:
|
belum bu….”(sambil menggeleng)”
|
PK
|
:
|
jadi menurut kalian bagaimana caranya agar fahry tidak
dikucilkan didalam kelas lagi ?
|
Dessy
|
:
|
Menurut saya buk, fahry sering-seribg aja ikut bimbingan
kelompok agar ia tidak merasa dikucilkan dan dapat berbaur dengan teman-teman
yang lain.
|
PK
|
:
|
Ya bagus, yang lain ada lagi
|
Nisa
|
:
|
Maunya buk, fahry terbuka sama-sama teman-temannya agar teman-teman yang lainnya juga memahaninya buk!
|
PK
|
:
|
Ya bagus ada lagi yang ingin mengemukakan sarannya untuk fahry
|
Birro
|
:
|
Menurut saya, fahry didekati oleh teman-teman sekelas seperti
kalau pergi jajan kekantin fahry diajak, kemudian kalau jam sholat diajak untuk
sholat bersama.
|
Fauziah
|
:
|
Dan juga disini fahrytida boleh takut dan merasa minder jika
berada diantara teman-teman satu kelas buk!
|
Guspi
|
:
|
Mungkin fahry bisa mencari teman-teman yang cocok dengan fahry,
yang dapat fahry percayai untuk bercerita.
|
Berlian
|
:
|
Fahry tidak boleh berpikiran negative terlebih dahulu terhadap
teman-teman satu kelas fahry.
|
Afni
|
:
|
Fahry kan berprestasi dibidang olehraga, seharusnya fahry dapat
membuktikan kepada teman-teman fahry bahwa fahry memang berprestasi agar
fahry dapat diakui oleh teman satu kelas fahry.
|
Rasyid
|
:
|
Dan disini fahry harus bisa mengubah sikap yang tadinya sering
bolos, tidak mengerjakan tugas menjadi lebih baik lagi agar teman-teman
percaya sama fahry
|
PK
|
:
|
Ya bagus sekali pendapat yang disampaikan oleh anak-anak ibu,
jadi disini fahry harus bisa menyesuaikan diri dengan teman-teman fahry dan
tidak boleh suozon dengan teman-temannya, bisa fahry?
|
Fahri
|
:
|
Bisa buk! Insaallah
|
PK
|
:
|
Lalu bagaimana nilai-nilai fahry didalam kelas selama fahry
merasa dikucilkan?
|
Fahri
|
:
|
Ya begitulah buk, nilai saya menjadi turun karena saya tidak
kosentrasi belajar buk,
|
PK
|
:
|
dengan saran-saran yang disampaikan oleh teman-teman tadi fahri
bisa mencoba saran dari mereka agar fahri tidak lagi merasa dikucilkan dan
nilai fahri di kelas pun tidak
terganggu. Bagaimana fahri ?
|
Fahri
|
:
|
Iya buk. Sya akan belajar dan mencoba saran dari teman-teman
semua.
|
PK
|
:
|
Iya, bagus sekali. Seperti nya kalian juga sudah merasa bosan. Bagaimana kalau
kita mengadakan permainan, setuju ?
|
Anggota
|
:
|
Setuju buk
|
PK
|
:
|
Oke, baiklah. Nama permainannya adalah “siapakah aku”.
Perminannya seperti ini, salah satu dari kalian akan memberikan klu kepada
yang lain sehingga teman-teman yang lain menjawab klu yang diberikan.
Bagaiaman kalian paham ?
|
Anggota
|
:
|
Paham buk.
|
(Memulai Permainan)
|
TAHAP
IV
PENGAKHIRAN
PK
|
:
|
Nah, sepertinya suasana nya sudah kembali bersemangat untuk
melanjutkan kegiatan kita. Anak-anak.,Kita telah panjang lebar membicarakan
masalah yang dikemukakan oleh fahri. Mudah-mudahan pembicaraan itu berguna
bagi fahri dan bagi kita semua yang mengikuti konseling kelompok ini.
Bagaimana fahri ?
|
Fahri
|
:
|
saya sangat senang karena teman-teman sudah menyumbangkan
pikiran untuk mengatasi permasalahan saya. Mudah-mudahan usul dari
teman-teman dapat saya lakukan dan saya pelajari.
|
PK
|
:
|
oke, anak-anak. Nah disini ibu ingin mendengarkan kesan dan
pesan dari anak-anak sekalian. Siapa yang ingin duluan mngemukakannya?
|
Fahri
|
:
|
Kesan saya buk saya senang karena permasalahan saya dapat
terselesaikan buk, pesan saya buk agar temanpteman sehabis mengikuti kegiatan
ini agar tidak mengucilkan saya lagi dan saya juga dapat mengubah tingkah
laku dan sifat saya menjadi lebih baik agi.
|
PK
|
:
|
Ya fahry, bagus sekali apa yang disampaikan fahry tadi
|
Fauziah
|
:
|
Kesan saya mengikuti bimbingan konseling hari ini adalah saya
merasa senang, karena saya dapat memahami kawan sekelas saya, dan kita tidak
boleh berprasabgka buruk terhadap teman-teman kita. Pesan saya buk, agar
konseling kelompok ini bisa dilakukan lagi buk.
|
Guspi
|
:
|
Kesan saya buk, sangat menyenangkan bisa mengetahui permasalahan
teman-teman saya buk, dan dapat membantunya dalam menghadapi permasalahannya.
Pesan saya buk ya seperti teman-teman juga sih buk, agar konseling kelompok
ini bisa dilakukan lagi buk.
|
Dewi
|
:
|
Kesan saya buk, saya sekarang menjadi tahu bahwa fahry selama
ini nmrasa dikucilkan buk didalam kelas dan kami juga lebih dapat memahami
keadaan fahry pada saat ini buk. Pesan saya buk, sama saja sih buk seperti
yang lain agar konseling kelompok ini lebih sering dilakukan.
|
Dessy
|
:
|
Kesan saya buk, dalam kegiatan konseling kelompok ini buk. Saya
senang buk, ada permainannya, bisa memanfaatkan waktu untuk hal yang lebih
bermanfaat buk, tidak mengosip dan mendapat hal-hal yang bermanfaat. Pesannya
buk kalaui bisa buat konseling kelompok lagi buk, agar permasalahan kami yang
belun dibahas bisa dibahas secara bersama.
|
PK
|
:
|
Ya bagus sekali selanjutnya siapa lagi yang mau
|
Birro
|
:
|
Kesan saya buk sama saja seperti teman-teman yang lain buk
sangat senang bisa melakukan diskusi seperti ini yang lebih banyak manfaatnya
bagi kita semua buk, pesan saya buk kepada fahry agar fahry pada saat ini
lebih dapat berbaur dan berpositif tingking terhadap kami, dan sering-sering
lagi melakukan konseling kelompok ini buk.
|
Berli
|
:
|
Kesan saya buk, mengikuti konseling kelompok ini buk saya merasa
senang dan menjadi lebih tau bahwa setisp permasalahan itu pasti ada jalan
keluaarnya dan cara mengatsinya. Dan pesan saya buk agar lebih sering
dilakukan lagi kegiatan ini buk
|
Anita
|
:
|
Kesan saya buk sama sih buk seperti yang lain. Cuman pesan aja
yang saya tambahkan sedikit buk agar teman-teman seharusnya tidak boleh
memilih-milih dalam berteman sehingga tidak ada teman yang merasa
terkucilkan.
|
Anisha
|
:
|
Kesan saya buk sangat senang bisa memabantu menyelesaikan
masalah teman-teman buk, dan pesan saya buk agar konseling kelompok ini lebih
sering dilakukan didalam kegiatan sekolah buk
|
Afni
|
:
|
Kesan saya buk, sangat senang bisa berbagi dan saya lebih tau
lagi tantang cara memahami teman saya buk, dan pesan saya ya sama saja
seperti yang lain buk, agar kegitan ini sering-sering lagi dilakukan buk
|
Rasyid
|
:
|
Kesan saya buk sanagt senang bisa diskusi sambil bermain dan
merasa tidak jenuh. Dan juga mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi
oleh teman-teman saya buk dan dapat membantunya dalam menyelesaikannya. Dan
pesan saya buk agar konseling kelompok ini lebih sering lagi dilakukan agar
semua permasalahan dapat diselesaiakan secar bersama.
|
PK
|
:
|
Ya bagus sekali kesan dan pesan yang disampaikan oleh anak-anak
ibu sekalian. Ibu harap keakrapan yang terjalin dikelompok ini, tidak hanya
terjadi disini saja tetapi setelah kelompok ini berakhir keakrapannya masih
terus terjaga. Kesan dari ibu semoga
apa yang telah kita bicarakan ini dapat diterapkan dengan anak-anak ibu dan
dapat bermanfaat atas apa yang telah
kita diskusikan tadi. Karena tadi diawali dengan doa, maka kita akhiri dengan
doa juga yang dipimpin oleh Rasid, kepada Rasid ibu persilahkan.
|
“Doa dimulai”
|
||
PK
|
:
|
Dan kita akhiri diskusi kita ini dengan saling bersalam-salaman
sambil beryanyi sayur nara, dan apa bila ada kata-kata ibu yang salah dalam
proses konseling ini ibu minta maaf ibu akhiri wabillahitaufik walhidayah
|
suksme ibu refrensinya
BalasHapusterima kasih sgt membantu
BalasHapusTerima kasih banyak, skenario ini sangat membantu
BalasHapus